JAKARTA - PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk (AHI), sebelumnya dikenal sebagai ACE Hardware Indonesia, secara resmi mengganti nama dan merek jaringannya per awal tahun 2025. Transformasi ini mencakup perubahan nama perusahaan dari ACE Hardware Indonesia menjadi PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk (AHI) serta peluncuran merek baru jaringan ritel perkakasnya, AZKO.
Direktur PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk, Gregory S. Widjaja, mengungkapkan bahwa langkah strategis ini diiringi dengan perombakan besar-besaran pada 245 toko di 75 kota di seluruh Indonesia. Gregory menargetkan perubahan signage dan nama toko dari ACE Hardware menjadi AZKO akan selesai pada kuartal pertama tahun 2025.
“Kami sedang menjalankan proses upgrade pada 245 toko dalam kurun waktu tiga tahun untuk memperkenalkan konsep toko Next-Gen yang lebih modern, interaktif, dan inspiratif. Konsep ini dirancang untuk memberikan pengalaman belanja terbaik kepada pelanggan,” ujar Gregory dalam acara peluncuran merek baru AZKO di Mall Living World Alam Sutera, Kamis (9/1/2025).
Makna dan Filosofi Nama AZKO
Nama AZKO dipilih dengan filosofi yang mencerminkan ragam koleksi produk dan layanan yang lengkap. Huruf “A” hingga “Z” merepresentasikan luasnya pilihan produk yang tersedia untuk memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan, mulai dari peralatan rumah tangga hingga gaya hidup.
“AZKO adalah simbol koleksi produk lengkap dari A hingga Z yang didukung layanan komprehensif serta ide-ide kolaboratif untuk menginspirasi hidup yang lebih baik,” jelas Gregory.
Dengan identitas baru ini, AZKO hadir sebagai toko ritel yang membawa semangat baru. Persona AZKO digambarkan sebagai entitas yang familiar, proaktif, optimistik, dan dapat diandalkan. Selain itu, AZKO ingin menjadi lebih dari sekadar toko ritel, tetapi juga sebagai trusted advisor yang siap membantu pelanggan meningkatkan kualitas hidup mereka.
Komitmen untuk Kehidupan yang Lebih Baik
Peran AZKO sebagai trusted advisor diwujudkan melalui solusi yang bermakna, inspiratif, dan relevan dengan kebutuhan pelanggan. Gregory menekankan bahwa semangat tersebut tercermin pada logo baru AZKO, yang mengusung visual lingkaran terbuka sebagai simbol komitmen untuk “open the door to better living” atau “membuka pintu untuk kehidupan yang lebih baik.”
Dengan semangat baru dan visi yang diperbarui, PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk optimis bahwa AZKO dapat menghadirkan pengalaman belanja yang lebih baik dan relevan di era modern. Langkah transformasi ini diharapkan semakin memperkuat posisi perusahaan sebagai pemimpin pasar di industri ritel perkakas dan gaya hidup di Indonesia.
(kkz/kkz)