KAI Catat Penjualan 672.418 Tiket Kereta untuk Libur Nataru 2024/2025, Berbagai Inisiatif Layanan Disiapkan
- Selasa, 03 Desember 2024
JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI melaporkan bahwa hingga tanggal 3 Desember 2024 pukul 07.00 WIB, telah terjual sebanyak 672.418 tiket kereta jarak jauh dan menengah untuk periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025. Angka ini setara dengan 24,27% dari total tempat duduk yang disediakan KAI sebanyak 2.770.864 tempat duduk.
Penjualan tiket tertinggi pada periode sebelum Hari Natal tercatat pada H-4 (21 Desember 2024) dengan total penjualan mencapai 51.300 tiket. Sedangkan untuk periode setelah Hari Natal, penjualan tiket tertinggi terjadi pada H+4 (29 Desember 2024) dengan 49.035 tiket terjual.
"Jumlah tersebut masih akan terus berubah dinamis dan bertambah, karena penjualan tiket masih berlangsung. KAI berharap masyarakat dapat segera memesan tiket dan merencanakan liburan dengan matang karena tiket KA masa Nataru masih cukup banyak tersedia," ujar Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, dalam keterangannya pada Selasa (3/12/2024).
Baca JugaDua Fasilitas Produksi Baru PT HM Sampoerna Tbk di Blitar dan Tegal Resmi Beroperasi
KAI berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik selama periode Nataru 2024/2025 yang akan berlangsung dari 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025. Berbagai inisiatif telah disiapkan guna memastikan perjalanan yang aman, nyaman, dan berkesan bagi pelanggan kereta api.
Salah satu langkah yang diambil adalah menambah jumlah Customer Service Mobile (CSM) di 39 stasiun Daerah Operasi dan Divisi Regional, dengan penambahan 170 petugas untuk memberikan informasi langsung kepada pelanggan. Selain itu, KAI juga menambah tenaga operasional seperti petugas cleaning service di stasiun (145 orang), On-Train Cleaning (OTC) (198 orang), dan petugas cuci kereta (147 orang) guna menjaga kebersihan stasiun dan kereta selama periode Nataru.
"KAI juga akan menambah 62 KA tambahan per hari dengan kapasitas angkut 198.948 TD/hari. Untuk mendukung gerakan ramah lingkungan, KAI menyediakan fasilitas air minum gratis atau drinking water station di 24 stasiun dan mengimbau penumpang untuk membawa tumbler pribadi, mengurangi penggunaan botol plastik sekali pakai," kata Anne.
Selain itu, KAI juga memperkenalkan fasilitas Face Recognition Boarding Gate di sejumlah stasiun, termasuk Stasiun Pasar Senen, Bekasi, Kiaracondong, Kutoarjo, Lempuyangan, Tegal, Pekalongan, Jember, dan Medan. Beberapa stasiun utama lainnya, seperti Stasiun Yogyakarta dan Surabaya Pasarturi, juga mengalami peningkatan kapasitas gate untuk memudahkan proses check-in penumpang.
Untuk menambah keceriaan selama liburan, KAI menghadirkan dekorasi tematik Natal dan Tahun Baru di stasiun-stasiun utama, serta menghias beberapa kereta unggulan dengan livery tematik Natal, memberikan pengalaman tambahan yang menyenangkan bagi para penumpang.
Dengan berbagai peningkatan layanan ini, KAI berkomitmen menjadikan perjalanan kereta api sebagai pilihan transportasi terbaik yang mengedepankan keamanan, kenyamanan, dan keberlanjutan selama Nataru 2024/2025.
Redaksi
teropongbisnis.id adalah media online yang menyajikan berita sektor bisnis dan umum secara lengkap, akurat, dan tepercaya.
Rekomendasi
Berita Lainnya
PT KAI Hadirkan Layanan Direct Train Jakarta-Yogyakarta dengan Diskon 25%
- Minggu, 15 Desember 2024
Masa Depan Bisnis Transportasi Darat: Inovasi PO Sindoro Sejahtera Mulya (SSM)
- Minggu, 15 Desember 2024
Tingkat Okupansi Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh Hampir Mencapai 100% di Masa Libur Sekolah
- Minggu, 15 Desember 2024
ASDP Dukung Simulasi Kesiapan Nataru: Pastikan Kelancaran Layanan Penyeberangan Merak-Bakauheni
- Minggu, 15 Desember 2024
Terpopuler
1.
2.
3.
Mandiri Internet Bisnis adalah: Fitur hingga Cara Daftar
- 18 Desember 2024
4.
Asuransi Mobil Toyota: Jenis, Manfaat, hingga Syarat Klaim
- 18 Desember 2024
5.
19 Istilah dalam Jual Beli Online yang Penting Dipahami
- 18 Desember 2024