Sabtu, 06 September 2025

KAI Catat 2,2 Juta Tiket Kereta Api Periode Lebaran 2025 Telah Terjual

KAI Catat 2,2 Juta Tiket Kereta Api Periode Lebaran 2025 Telah Terjual
KAI Catat 2,2 Juta Tiket Kereta Api Periode Lebaran 2025 Telah Terjual

JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mencatat lonjakan tinggi pada penjualan tiket kereta api untuk periode Angkutan Lebaran 2025. Hingga 19 Maret 2025 pukul 07.00 WIB, sebanyak 2.239.357 tiket telah terjual dari total kapasitas tempat duduk yang disediakan sebanyak 4.591.510.

Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, mengatakan bahwa minat masyarakat untuk menggunakan transportasi kereta api sangat tinggi, terutama menjelang momen mudik Lebaran.

“Jumlah keseluruhan tiket kereta api yang telah terjual mencapai 2.239.357 tiket. Angka tersebut terdiri dari 2.167.588 tiket KA Jarak Jauh atau 62,94 persen dari total kapasitas yang disediakan. Sementara itu, penjualan tiket KA Lokal mencapai 71.769 tiket atau sekitar 6,25 persen dari total kapasitas,” ujar Anne dalam keterangan resmi, Rabu (19/3/2025).

Baca Juga

Praktis Cek Jadwal Kapal Pelni Nggapulu September 2025

Okupansi Sejumlah Jadwal Keberangkatan Melebihi 100 Persen

Anne menjelaskan bahwa lonjakan permintaan tiket terutama terjadi pada beberapa tanggal keberangkatan favorit dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen. Bahkan, okupansi di beberapa jadwal sudah melampaui 100 persen karena adanya penumpang dinamis, yakni mereka yang turun dan naik di berbagai stasiun sepanjang perjalanan.

“Kami terus memantau tren pemesanan tiket dan akan mengoptimalkan layanan guna mengakomodasi tingginya permintaan perjalanan pada periode Angkutan Lebaran tahun ini,” tambahnya.

Untuk mengatasi lonjakan tersebut, KAI menyarankan calon penumpang yang belum mendapatkan tiket untuk mencari alternatif tanggal keberangkatan atau memilih jadwal yang masih tersedia.

“Pemantauan ketersediaan tiket dapat dilakukan melalui aplikasi Access by KAI dan web booking.kai.id,” jelas Anne.

Daftar Okupansi Kereta Melebihi Kapasitas

Berikut beberapa tanggal keberangkatan dengan okupansi KA Jarak Jauh yang telah melebihi 100 persen:

Keberangkatan KA dari Stasiun Gambir:

27 Maret 2025: 103 persen (21.410 dari 20.753 tempat duduk)

28 Maret 2025: 108 persen (22.490 dari 20.758 tempat duduk)

29 Maret 2025: 107 persen (22.246 dari 20.746 tempat duduk)

30 Maret 2025: 102 persen (21.150 dari 20.758 tempat duduk)

Keberangkatan KA dari Stasiun Pasar Senen:

21 Maret 2025: 108 persen (26.928 dari 24.964 tempat duduk)

22 Maret 2025: 111 persen (27.754 dari 24.964 tempat duduk)

23 Maret 2025: 111 persen (27.783 dari 24.964 tempat duduk)

24 Maret 2025: 109 persen (27.179 dari 24.964 tempat duduk)

25 Maret 2025: 111 persen (27.782 dari 24.964 tempat duduk)

26 Maret 2025: 111 persen (27.662 dari 24.964 tempat duduk)

27 Maret 2025: 119 persen (29.678 dari 24.964 tempat duduk)

28 Maret 2025: 130 persen (32.498 dari 24.963 tempat duduk)

29 Maret 2025: 121 persen (30.227 dari 24.954 tempat duduk)

30 Maret 2025: 113 persen (28.112 dari 24.962 tempat duduk)

31 Maret 2025: 116 persen (28.992 dari 24.964 tempat duduk)

1 April 2025: 118 persen (29.573 dari 24.964 tempat duduk)

2 April 2025: 114 persen (28.566 dari 24.964 tempat duduk)

Dengan meningkatnya jumlah penumpang pada periode Lebaran ini, KAI berupaya memastikan layanan tetap optimal dan mengimbau masyarakat untuk memesan tiket lebih awal agar mendapatkan jadwal keberangkatan sesuai keinginan mereka.

Rapli

Rapli

teropongbisnis.id adalah media online yang menyajikan berita sektor bisnis dan umum secara lengkap, akurat, dan tepercaya.

Rekomendasi

Berita Lainnya

Danantara Perkuat Posisi RI di Dunia Internasional

Danantara Perkuat Posisi RI di Dunia Internasional

Rute Kapal Pelni Jayapura Manokwari September 2025

Rute Kapal Pelni Jayapura Manokwari September 2025

KAI Siapkan Layanan Istimewa Libur Maulid

KAI Siapkan Layanan Istimewa Libur Maulid

MIND ID Tegaskan Komitmen Turunkan Emisi

MIND ID Tegaskan Komitmen Turunkan Emisi

Hari Pelanggan Jasa Marga Hadirkan Layanan Terbaik

Hari Pelanggan Jasa Marga Hadirkan Layanan Terbaik